Teknologi 4G

  • Juni 19, 2020

Teknorus.com – Indonesia cocok menggunakan frekuensi 900 / 1800 dalam 4G LTE? Tahun ini pemerintah seharusnya sudah membuka layanan FDD LTE di 1800 MHz, jika konsisten dalam menerapkan teknologi netral, yakni 800 Mhz, 2.3 GHz, dan 900 Mhz. Namun pemerintah lebih memprioritaskan penataan frekuensi 1800 MHz ketimbang menerapkan teknologi netral.

Baca juga : Gudang Movie

Guna Teknologi 4G LTE

? Teknologi LTE menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan uplink 75 Mbps. ? Kecepatan maksimum LTE mencapai 299.6 Mbps untuk mengunduh dan 75.4 Mbps untuk mengunggah. ? Meningkatkan kecepatan transmisi secara keseluruhan. ? LTE menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) yang dapat mentransmisikan data masing-masing 180 Khz. ? LTE mengadopsi pendekatan all-IP. ? Menyediakan layanan dan kecepatan transfer data berkualitas tinggi. ? Jaringan lebih baik, pertukaran informasi lebih cepat, dan transfer data lebih stabil. ? Kecepatan download dan upload 3x lipat dibandingkan generasi sebelumnya. ? High Defi nition Video (High Resolution 37.5 Mbps). ? Bermain game online semakin stabil dan lancar. ? Download fi le dan video jadi lebih cepat dan mudah. ? Streaming video dan musik tidak terputus. ? Dapat menjalankan streaming musik, fi le sharing, video call, dan social media tanpa adanya gangguan.

Perbedaan 4G LTE TDD dengan FDD

? 4G LTE TDD (Time Division Duplexing) ialah teknologi yang menggunakan seluruh saluran, namun bergantian antara upload dan download. ? 4G LTE FDD (Frequency Division Duplexing) ialah teknologi yang membagi pita frekuensi yang ditujukan ke dalam dua buah kanal yang lebih kecil. ? Kesimpulan: Perbedaan mencolok dari 4G LTE TDD dengan 4G LTE FDD terletak dari bagaimana cara membagi koneksi download dan upload. ? FDD LTE menggunakan pembagian frekuensi, sedangkan TDD LTE menggunakan pembagian waktu. ? FDD LTE adalah full duplex, sedangkan TDD LTE adalah setengah duplex. ? FDD LTE baik untuk lalu lintas simetris, sedangkan TDD LTE baik untuk lalu lintas asimetris. ? TDD LTE lebih baik direalokasi lalu lintas jika dibandingkan dengan FDD LTE. ? FDD LTE perencanaannya jauh lebih mudah dibandingkan dengan TDD LTE.

Teknologi Baru 4G:

? Semuanya berkomponen jaringan digital. ? Lebih kuat dalam jaringan keamanan data. ? Semuanya untuk jaringan packet-switched. ? Bandwidth besar menunjang multimedia service dengan hemat biaya.

Toni

E-mail : admin2@jcitunis.com