Air Lancar, Mandi Nyaman

  • Juni 9, 2020

Meskipun sekarang ini kamar mandi memiliki banyak kegunaan, fungsi utama kamar mandi tetap sebagai tempat untuk membersihkan badan. Agar aktivitas bersih-bersih tersebut menyenangkan, maka kamar mandi harus dibuat senyaman mungkin. Air bersih yang mengalir lancar dari keran maupun shower merupakan salah satu faktor untuk menciptakan kenyamanan tersebut. Kelancaran air dipengaruhi oleh perangkat sanitari dan pipa yang menyalurkan air.

Baca juga : https://rajawalindo.com/products/distributor-genset-surabaya/

Pemilihan pipa dan perangkat sanitari yang berkualitas dan pemasangan yang tepat, akan membuat air mengalir tanpa terhambat. Jika hal sebaliknya yang terjadi, aliran air sangat pelan atau bahkan tidak mengalir sama sekali, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Namun, sebelumnya Anda tentu harus tahu penyebabnya. Nah, berikut kami sajikan beberapa penyebab yang membuat air mengalir tidak lancar, berikut solusinya.

Wastafel Menguning

Salah satu faktor yang membuat sanitari cepat menguning adalah kualitas air yang jelek. Air dengan kandungan zat besi tinggi akan menyebabkan air berwarna kuning. Air yang jelek akan meninggalkan noda atau bercak berwarna kuning kecoklatan pada lantai kamar mandi, kloset, wastafel, bak penampungan, maupun lantai keramik. Jika memungkinkan, gunakan filter air untuk mengurangi kadar besi pada air.

Namun jika tidak, yang dapat dilakukan adalah menghilangkan noda-noda kuning pada kamar mandi. Caranya, rendam batu apung pada air hangat. Kemudian, dengan menggunakan sarung tangan karet, mulailah menggosok karat pada objek (noda kuning membandel yang biasanya melingkar di sekitar lubang WC, karat kuning pada keramik kamar mandi dan wastafel). Pastikan permukaan obyek yang akan digosok dan batu apung dalam kondisi basah untuk menghindari menggores atau mengikis porselen/ keramik. Setelah terlihat noda mulai luntur dan hilang, siram toilet.

Air Merembes di Dinding

Dinding bagian dalam kamar mandi di sekitar jalur pipa air bersih selalu basah sehingga terlihat tidak menarik. Hal ini bisa mengurangi kenyamanan dan keindahan kamar mandi. Ada banyak faktor yang membuat air merembes sehingga dinding terlihat basah atau “ngompol”. Salah satunya disebabkan pipa air bersih yang ditanam dalam dinding mengalami kebocoran sehingga air selalu membasahi dinding. Jika hal ini yang terjadi, maka dinding keramik di area rembesan air harus dibongkar. Kemudian, pipa yang bocor diperbaiki atau diganti.

Toni

E-mail : admin2@jcitunis.com