Rutinitas Pagi Menjelang Sekolah

  • Maret 4, 2020

Drama pagi menjelang berangkat sekolah adalah santapan harian semua keluarga. Dari sulitnya membangunkan si kecil, perlengkapan sekolah yang belum siap, sampai belum sempat sarapan. Huru hara pagi hari di rumah itu bisa menular lo pada anak, sehingga ia jadi ikut cemas, gugup atau malah tak bersemangat. Yuk coba kita intip tip berikut!

? Siapkan seluruh perlengkapan yang akan dipakai pada malam sebelumnya, termasuk pakaian, perlengkapan sekolah, dan bekal. Kalaupun akan memasak bekal sendiri, potong-potong bahannya sejak malam, sehingga pagi hari tinggal memasaknya. ? Ajak anak tidur tepat waktu di jam yang sama setiap hari dan lakukan rutinitas sebelum tidur secara konsisten. ? Bangunkan anak pagi harinya juga pada jam yang sama setiap hari. Jika ia cenderung lebih lambat untuk bangun, dahulukan membangunkan si kecil ini daripada saudaranya. Bila perlu, mainkan musik upbeat untuk memberikan semangat pagi di rumah.

? Berikan anak tenggat waktu untuk setiap kegiatan yang ia lakukan. Misalnya, mandi 15 menit, berpakaian 10 menit, merapikan tas 5 menit, pakai sepatu 5 menit, dan seterusnya. Selalu ingatkan ia untuk melakukan apa selanjutnya. Jika ini terbiasa dilakukan tiap hari, lama-lama ia akan hafal dengan sendirinya . ? Ajak anak sarapan yang ringan tapi cukup memberikan energi, seperti sereal dengan susu, roti isi, atau telur dadar/ceplok/orak-arik/rebus, dengan ditemani segelas susu/teh hangat/air putih.

Toni

E-mail : admin2@jcitunis.com