Si Kecil Nangis Melulu Bukan Berarti Stres Ditinggal Mama

  • November 13, 2019

BAYI menyikapi hal-hal yang tidak nyaman pada dirinya dengan isakan, tangis yang kuat, dan terkadang berlangsung lama sehingga tak jarang orang mengasumsikan si kecil sedang stres. Padahal, itu tidak benar, mengingat tangisan merupakan satu-satunya cara bayi untuk berkomunikasi atau menyampaikan keinginannya kepada orang yang ditemuinya. Jika bayi sakit, entah itu fl u, batuk, demam, ada masalah pada kulitnya, hal ini murni karena ia memang sakit yang penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai terinfeksi virus/ bakteri hingga mengalami trauma, semisal jatuh dari ketinggian sehingga membuatnya menjadi rewel/lemas, dan atau panas tinggi.

Buah Pertamaku

DI USIA 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Salah satunya, buah. Awalnya, Mama dapat memberikan buah pepaya dalam bentuk cair. Pilih pepaya yang benar-benar matang lalu haluskan. Campur dengan air hingga konsentrasinya cair. Berikutnya, Mama dapat mengenalkan buah pisang, jeruk, dan tomat. Sama seperti pepaya, jeruk atau pisang dilumatkan dan dicampur air yang banyak. Untuk tomat, saat diberikan, kulit ari dan biji tomat harus dipisahkan terlebih dahulu karena keduanya tidak dapat diolah dengan baik oleh pencernaan bayi. Tomat juga harus direbus lebih dahulu setelah dicuci bersih, lalu disaring untuk diambil airnya.

Tidur Tengkurap

POSISI tengkurap membuat bayi lebih nyaman, tidurnya pun nyenyak, hingga bisa mengurangi tangisnya. Bahkan, hanya dengan tidur tengkurap, gerak pernapasan dan perkembangan motoriknya lebih baik. Kelak, si kecil lebih cepat mampu tengkurap sendiri dengan baik. Nah, ini akan mempermudahnya dalam menapaki kemampuan motorik kasar selanjutnya, berguling, merangkak, berdiri, hingga berjalan, dan seterusnya. Tidur tengkuran dapat mencegah terjadinya kepala gepeng atau peyang. Ingat, tidur dengan satu posisi terusmenerus, seperti telentang atau miring, bisa menyebabkan kepala gepeng. Akan tetapi untuk bayi dengan kelahiran prematur hal ini tidak disarankan untuk tidur tengkurap. Karena berkaitan dengan fungsi organ dalam tubuh yang kurang matang.

Simak juga informasi lengkap lainnya mengenai tempat terbaik kursus IELTS Jakarta sehingga mendapatkan persiapan yang matang.

Toni

E-mail : admin2@jcitunis.com