Mudah Membangun Ensiklopedia Sendiri

  • November 13, 2019

Hingga saat ini, Wikipedia (www.wikipedia.org) dapat dikatakan sebagai ensiklopedia online terlengkap yang ada di Internet. Jutaan artikel dalam berbagai bahasa dapat Anda telusuri. Tercatat, lebih dari 200 ribu artikel sudah tersaji dalam bahasa Indonesia. Bisa diibaratkan, Wikipedia sebagai perpustakaan atau taman bacaan digital untuk umum. Uniknya, seluruh artikel yang tersaji dalam ensiklopedia online ini di bangun oleh banyak orang atas dasar keterbukaan berbagi informasi secara gratis. Jika Anda ingin membangun sebuah database informasi yang menyerupai Wikipedia, ada satu software menarik yang dapat Anda manfaatkan, yaitu lexiCan Standard Edition.

Aplikasi ini bisa memberikan solusi yang lebih sederhana untuk membangun serta mengelola ensiklopedia pribadi. Selain itu, dengan menggunakan prinsip kerja Wiki, Anda dapat dengan mudah mengatur besaran informasi yang akan dimuat. Anda dapat memuat teks, menyisipkan gambar, tabel, file, link dan sebagainya. Hal menarik lainnya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak dituntut untuk mengerti bahasa pemrograman, seperti PHP, SQL, HTML, dan sebagainya.

Walaupun dapat digunakan secara gratis, aplikasi lexiCan versi standar memiliki beberapa keterbatasan, salah satunya adalah Anda hanya dapat memuat 30 artikel. Jika ingin lebih, Anda dapat meng-upgrade ke versi Pro Edition yang dibanderol dengan harga US$52,70 atau Business Edition yang dapat digunakan secara trial untuk menghimpun database sebuah perusahaan.

Teman Sejati Smartphone Sony

Program ini adalah teman sejati Anda pemilik smartphone Sony. Dengan PC Companion, Anda dapat mem-backup datadata, meng-update software smartphone, dan segudang feature lainnya. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur kontak di smartphone melalui PC Companion. TIpS: Sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda telah mengaktifkan opsi USB Debugging dari smartphone dengan mengakses “Settings | Developer options”.

Toni

E-mail : admin2@jcitunis.com