Sony DSC-RX1R II – Compact Dengan Sensor Full Frame

  • Agustus 13, 2019

Sony DSC-RX1R II – Compact Dengan Sensor Full Frame


Jasa Foto Wedding Jakarta – Ini merupakan salah satu kamera compact terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Sony. Dengan harga yang fantastis apakah ini sebanding dengan performa yang ditawarkan Jika dilihat sekilas, tidak ada yang istimewa dari kamera compact keluaran Sony ini. Ketika Anda memegangnya secara langsung, maka akan ada sensasi berbeda dan kamera ini mulai menunjukkan kelasnya sebagai kamera high end. Bobot yang dimiliki Sony DSC-RX1R II ini 500gr dengan bahan bodi terbuat dari magnesium. Saat digenggam cukup terasa nyaman dan kokoh. Sony mengandalkan sensor full Frame dengan resolusi maksimum mencapai 42 Megapixel menjadikan kamera ini salah satu kamera compact yang memilki ketajaman yang tinggi.

Tak heran, chipshet yang digunakan pada Sony DSC-RX1R II memang mengadopsi dari flagship Sony yaitu Sony Alpha 7R II, maka dari itu hasil gambar yang ditampilkan bisa dibilang cukup banyak kemiripan. Kemampuan superior yang dimiliki Sony DSC-RX1R II terbukti mampu menghasilkan gambar dengan tingkat ketajaman 2,132 pasang garis pertinggi gambar dengan sensitivitas cahaya yang minim. Ini merupakan salah satu pencapaian yang luar biasa, terutama saat diuji praktik. Ketajaman yang dihasilkan mampu bertahan hingga ISO 6.400. Saat dilakukan perbesaran hingga 100 persen menggunakan ISO 1.600 sudah mulai terlihat penurunan detail tapi ini masih terbilang luar biasa. Di mana ISO dapat diekspansi hingga 102.800.

Walaupun mampu menghasilkan gambar yang tajam dan memiliki detail tinggi, ketajaman pada area tepi terbilang masih kurang maksimal. Secara umum gambar terlihat cukup baik ketika menggunakan lensa fix 35mm f2, dan hal ini mampu meminimalisir penurunan ketajaman di bagian tepi. Salah satu keuntungan yang didapat dengan resolusi tinggi adalah ketika melakukan croping gambar tidak kehilangan detail cukup banyak. Resolusi 42 Megapixel memang bisa menjadi feature utama yang membantu Anda ketika ingin melakukan croping pada gambar Hal menarik yang akan Anda temui pada kamera ini, terdapat sebuah lowpass filter elektronik yang mampu diatur dengan tiga tahap seusai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi adanya low-pass filter sebenarnya adalah untuk mengurangi efek moire yang sering terjadi. Kemampuan video kamera ini mampu merekam dengan resolusi 4K. Tidak hanya itu saja ketika menggunakan resolusi full HD Sony DSCRX1R II mampu merekam hingga 60 fps. Pada resolusi 720p Anda dapat memanfaatkan feature slow motion yang mampu bergerak hingga 120 fps. Tetapi sebenarnya target utaman Sony adalah untuk membuat pengguna kamera ini dapat memotret dengan mudah dan nyaman serta mampu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Viewfinder Sony DSC-RX1R II memiliki kesamaan dengan model sebelumnya RX100 III dan juga RX100 IV. Viewfinder elektronik ini dilengkapi dengan 2.4 juta subpixel yang mampu menghasilkan gambar tajam dan halus.

Toni

E-mail : admin2@jcitunis.com